Ekek Sandy
Blog Universitas Komputer Indonesia

Google Panda ?

Google Panda ?


Judul itu sangat tepat bagi post ini, karena saya akan memberitahu apa itu google panda. Google Panda adalah Algoritma terbaru search engine google tahun 2011, setelah di awal tahun 2010 lalu, google melakukan update algoritma search engine dengan nama “Google Caffeine” , sekarang di akhir bulan februari 2011 google kembali melakukan update algoritma yang dinamakan “Google Panda”.

Google Caffeine yang sebelumnya dianggap google bakal memberikan hasil pencarian yang lebih baik ternyata belum menjamin situs-situs berkualitas tampil pada posisi utama SERP, sehingga di tahun 2011 ini Google melakukan update algoritma search engine. Mantap Yahh?? benar2 menjunjung tinggi nama baik perusahaan.

Dalam algoritma Google Panda ini google lebih menekankan pada antisipasi content farm. Buat teman yang masih pemula mungkin masih bingung apa yang dimaksud content farm. Bredasarkan informasi yang saya cuplik dari wikipedia tentang peternakan konten  bisa dilihat disini content farm.

Content farm In the context of the World Wide Web, the term content farm is used to describe a company that employs large numbers of often freelance writers to generate large amounts of textual content which is specifically designed to satisfy algorithms for maximal retrieval by automated search engines. Their main goal is to generate advertising revenue through attracting reader page views

Versi google translate :
Content farm (Peternakan konten) adalah istilah digunakan untuk menggambarkan sebuah perusahaan website yang mempekerjakan sejumlah besar penulis lepas (freelance writer) untuk menghasilkan sejumlah besar konten teks yang dirancang khusus untuk memenuhi algoritma pencarian maksimal oleh mesin pencari secara otomatis. Tujuan utama mereka adalah untuk menghasilkan pendapatan iklan melalui tampilan menarik pembaca halaman.

Sebagai informasi Google mulai menurunkan rating blog yang terdeteksi sebagai “content farm” sehingga beberapa situs yang dikategorikan sebagai content farm mengalami penurunan drastis pengunjung yang berasal dari search engine. Beberapa situs yang mengalami penurunan prosentase pengunjung adalah ezinearticles mengalami penurunan hingga 86%, hubpages mengalami penurunan hingga 80% . Sedangkan situs yang mengalami peningkatan pengunjung seperti wikihow.com meningkat hingga 79%, answers.yahoo.com 29% , selengkapnya bisa dilihat disini Google Farmer Update affected.

Berdasarkan informasi dari situs official google tentang Finding more high-quality sites in google search untuk saat ini algoritma google panda masih diterapkan di Amerika, untuk negara lain termasuk Indonesia bakal menyusul  kebagian efek google panda. Efek terbesarnya kemungkinan banyak terasa pada situs social bookmark dan situs article directory.

Sebagai blogger pemula tidak perlu dipusingkan dengan update algoritma tersebut, sebaiknya tetap mematuhi rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh google di situs google webmaster center guideline
Beberapa diantaranya :
- Membuat konten blog yang asli dan mempunyai relevansi topik tertentu (postingan hasil buatan sendiri bukan hasil copy paste)
- Blog dapat memberikan Informasi dan menawarkan solusi pada pengunjung blog
- Postingan blog mempunyai manfaat buat pengunjung

 

BackLink Ajaib???

Nah,disini saya akan memberikan penjelasan secara rinci kepada anda mengenai cara membangun backlink dengan mengacu pada penilaian wajar dari Google Panda:

  1. Backlink haruslah alami alias natural, yaitu usahakan antara 7 – 10backlink perhari yang anda peroleh sehingga google melihat backlink anda wajar dan bukan spam.
  2. Perhatikan diversifikasi keyword backlink, artinya backlink yang menuju website anda bukan hanya dari 1 keyword tapi minimal 3 keyword agar google memandangnya natural.
  3. Sebisa mungkin backlink dari seluruh dunia dan segala penjuru blog atau website karena Boss Google senang jika menemukan backlink anda bukan hanya dari 1 IP Address saja namun dari beberapa IP yang berbeda jika anda mau mendapat penilaian natural juga dari google.

Cara dan persepsi di atas bukanlah basa basi semata, bahwa banyak backlink tapi tidak berkualitas hanya akan membuang energi anda untuk membangunnya. Karena saya bisa memberikan buktinya pada anda. Lihat saja website dari duniakomputer.org yang backlinknya tidak lebih dari 100 tapi bisa masuk ranking di bawah 500 ribu. Buktikan saja melalui alexa bila anda tidak percaya!

Jika anda sudah tahu mengenai bagaimana membangun backlink naturaltanpa melanggar aturan google, maka anda seharusnya juga tahu mengenai hal-hal yang harus anda tinggalkan mulai saat ini mengenai caramembangun backlink yang dibenci oleh google dan kebanyakan mesin pencari lain yang terkenal.

Beberapa hal yang harus anda hindari mulai saat ini dalam membangun backlink adalah:

  • Tinggalkan cara membangun backlink dari jasa penghasil backlink instan yang bisa mencapai ratusan hanya dalam waktu sekejap.
  • Jika anda ingin meng-ping artikel anda sebaiknya jangan berlebihan karena akan dianggap sebagai spam.
  • Selain cara menghasilkan backlink, anda juga harus mulai dari sekarang memilah-milah antara mana backlink yang baik alias berkualitas dan mana backlink yang tidak baik untuk membangun rangking website anda. Karena salah satu yang menyebabkan google memberi penilaian buruk pada website anda adalah karena backlink website anda umumnya bersumber dari web atau blog yang dibenci google, seperti web yang sering kena banned, website full spam, website minim artikel, website berbau pornografi atau pun website affiliasi yang juga dibenci google.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 24 Oktober 12 - 12:43 WIB
Dalam Kategori : SEO, GOOGLE PANDA
Dibaca sebanyak : 814 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback